Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) di SLB Putra Manunggal jenjang SMA secara mandiri dan online





SLB Putra Manunggal Gombong, sukses melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) jenjang SMA secara mandiri dan online (daring), yang dilaksanakan selama dua hari, Senin sampai Selasa (19-20 Agustus 2024). 

Sebelum pelaksanaan asesmen, dilakukan berbagai tahap mulai dari simulasi ( 5 - 6 Agustus 2024), gladi bersih ( 12 - 13 Agustus 2024) hingga pelaksanaan ANBK.

Kepala SLB Putra Manunggal Surip, S.Pd menjelaskan, Asesmen Nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Pada setiap satuan pendidikan, Asesmen akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas 5, 8, dan 11 yang dipilih secara acak oleh Kemdikbud RI. Dengan pelaksanaan secara mandiri atau menumpang, dan moda pelanksanaan secara online atau semi online”.

Bapak Surip,S.Pd menuturkan, ANBK Jenjang SMA kali ini diikuti oleh 4 peserta didik dan ada pengawasan silang antara SLB Putra Manunggal dengan SPKh Negeri Karanganyar. Dalam pelaksanaan ANBK, ada sedikit kesulitan pada saat simulasi maupun gladi bersih karena masalah sinyal yang kurang stabil untuk pelaksanaan moda online.

“Selama pelaksanaan Asesmen Nasional sedikit terkendala masalah signal kurang stabil, namun Alhamdulillah dapat teratasi” Jelas Mahendra Wibowo selaku Proktor Asesmen Nasional Berbasis Komputer. 

Berikut ini adalah Susunan Panitia ANBK

Penanggung Jawab : Surip, S.Pd

Proktor : Mahendra Prasetyo Wibowo

Teknisi : Akhmad Khaerudin, S.E

Sekretaris: Yessi Sagita, S.Pd

Pengawas: 1. Astuti Dwi Ningsih, S.Pd

                  2. Susiani, S.Pd

Pembantu Umum: Moories Danang H, S.Pd

Selain panitia ANBK yang tersebut di atas, Pengawas Pendidikan Khusus Cabang Dinas IX, Bapak Slamet, S.Pd, M.Pd juga turut menyaksikan pelaksanaan ANBK secara mandiri di SLB Putra Manunggal. Puji syukur, meskipun ini pertama kali pelaksanaan ANBK secara mandiri dan online di SLB Putra Manunggal, ANBK dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar