WORKSHOP Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka



Rabu, 10 Juli 2024. Bertempat di Ruang Guru SLB Putra Manunggal Gombong, dilaksanakan Workshop mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka dan penyusunan perangkat pembelajaran. Workshop atau In House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap tahun ajaran baru. Workshop atau IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. Materi Workshop kali ini adalah “Penyusunan Perangkat Pembalajaran Kurikulum Merdeka”.

Kegiatan workshop sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang merely miliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.



Kegiatan Workshop ini dilaksanakan dari tanggal 10 s.d 12 Juli 2024 dengan tujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini menghadirkan Slamet, S.Pd., M.Pd sebagai Narasumber dari Pengawas Pendidikan Khusus Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan Workshop di awali dengan pembukaan dengan membaca basmallah secara bersama-sama, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza, doa, dan dilanjutakan sambutan dari Surip, S.Pd selaku Kepala SLB Putra Manunggal dalam pengarahanya agar bapak/ibu guru mengikuti IHT dengan serius agar mendapatkan bekal untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Adapun rangkaian kegiatan pada workshop sebagai berikut :

1. Pembukaan

  • Pembacaan doa
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  • Sambutan oleh Kepala SLB Putra Manunggal Gombong (Bapak Surip, S. Pd)
2. Materi dan Pengarahan Penyusunan Perangkat  Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka oleh Pengawas Pendidikan Khusus Cabdin IX (Bapak Slamet, S. Pd, M. Pd)

3. Penutup

Dengan adanya kegiatan workshop ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembalajaran pada kurikulum merdeka. Sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan maksimal dan mencapai tujuan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar