Asesmen Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2024/2025



(Kamis, 18 Juli 2024) Telah diadakan kegiatan asesmen peserta didik baru SLB Putra Manunggal Gombong oleh segenap tim asesor yang beranggotakan 10 guru pendidikan khusus. Jumlah peserta didik baru yang diasesmen adalah 13 dari 25 anak yang terdiri dari berbagai macam kekhususan.



 Asesmen merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Hasil dari kegiatan asesmen nantinya akan digunakan sebagai  bahan refleksi dan landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.



Kegiatan asesmen untuk anak berkebutuhan khusus bertujuan untuk mengukur kemampuan anak sebelum sekolah. Dari proses asesmen yang melibatkan tenaga ahli di bidangnya ini peserta didik baru dapat diketahui kemampuan awalnya, serta indikasi yang menyebabkan kesulitan belajar. Sehingga dari hasil asesmen tersebut guru dapat menyusun program khusus sesuai kebutuhan dan keterampilan yang belum dikuasai oleh anak.


Kegiatan asesmen peserta didik baru SLB Putra Manunggal dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB - selesai. Adapun teknik pelaksanaan asesmen adalah sebagai berikut:

  1. Tes Pra Akademik
  2. Wawancara
  3. Observasi 



Tujuan kegiatan asesmen adalah untuk mengetahui riwayat kesehatan anak, kepekaan indera, kemampuan motorik kasar maupun motorik halus, perkembangan sosial-emosional anak sebelum sekolah. Hasil asesmen nantinya akan digunakan sebagai bahan acuan dalam pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan  anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar