SMARTTREN : KEGIATAN RAMADHAN DI SEKOLAH LUAR BIASA PUTRA MANUNGGAL






SmartTren merupakan kegiatan yang diadakan di SLB Putra Manunggal Gombong setiap hari Jumat di bulan Ramadhan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi, wali murid, dan guru. SmartTren bertujuan mengajarkan pada peserta didik untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan positif

Kegiatan SmartTren diantaranya:

1. Kegiatan Hafalan Doa

 


 

Hafalan doa dipimpin oleh Pak M. Fuad, S.P Pada kegiatan ini, siswa diajak untuk hafalan doa kehidupan sehari-hari, seperti ; doa sebelum-sesudah makan, doa sebelum-bangun tidur, doa masuk-keluar kamar mandi, dan masih banyak lagi. Kegiatan hafalan doa mengajarkan kepada siswa-siswi untuk memulai setiap kegiatan yang baik dengan doa agar dirahmati oleh Allah SWT.Harapannya, siswa bisa hafal doa-doa dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

2. Membaca Asmaul Husna 



Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Ahmad K, S.E. Kegiatan membaca Asmaul Husna mengenalkan kepada siswa-siswi nama baik bagi Allah yang terdiri dari 99 nama. Agar siswa lebih bersemangat dalam hafalan, Asmaul Husna dibacakan dengan nyanyian/nada. Harapannya agar lebih mudah diingat oleh siswa.  

 

3. Hafalan Surat Pendek


 


Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Budiono, S.Sos.I. Hafalan surat pendek bertujuan mengajarkan siswa-siswi surat pendek, seperti; surat Al-Fatihah, An-Naas, Al-Ikhlas, dll. Harapannya siswa-siswi hafal berbagai macam surat pendek dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada saat sholat 5 waktu yang mana diharuskan membaca surat pendek.

 

4. Kegiatan Tausiyah

 

Kegiatan tausiyah dipimpin oleh Bapak Budiono, S.Sos. I. Kegiatan tausiyah terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya; pengertian tausiyah, keutamaan, dan dalil puasa di bulan Ramadhan. 

 

5. Menyanyikan Lagu Islami dan Sholawat

 

 

Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Budiono, S.Sos. I. Menyanyikan lagu islami dan sholawat merupakan kegiatan penutup dari rangkaian kegiatan SmarTren.

 

Kegiatan SmartTren berjalan lancar tanpa ada halangan apapun. Siswa-siswi, wali murid, dan guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Semoga kegiatan SmarTren dapat bermanfaat dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar